Loading...

Mengenal Huruf Jepang Hiragana, Katakana, Kanji dan Roomaji

Dalam bahasa jepang terdapat tiga jenis huruf, yaitu Hiragana, Katakana dan Kanji yang memiliki perbedaan dan kegunaannya masing-masing. Namun selain itu dalam bahasa jepang juga dikenal huruf latin yang disebut Roomaji.

1. Hiragana
Huruf hiragana ini digunakan untuk menulis kosakata asli bahasa jepang, misalnya わたし (dibaca : "watashi", artinya : "saya"). Selain itu huruf hiragana ini juga digunakan untuk keperluan elemen tatabahasa seperti partikel serta akhiran dari kata sifat dan juga kata kerja. Pada zaman dahulu huruf hiragana ini hanya digunakan oleh kaum perempuan saja.

Berikut ini adalah daftar huruf hiragana :
2. Katakana
Huruf katakana digunakan untuk  menulis kosakata asing, seperti :
  • Nama orang asing, misalnya: Riki (ditulis : リキ)
  • Kosakata serapan dari bahasa asing misalnya: hanbaagaa (ditulis : ハンバーガー) artinya hamburger yang berasal dari bahasa inggris.
  • Nama tempat di luar neggri, misalnya ジャカルタ dibaca : jakaruta yang artinya jakarta.
  • Nama negara asing kecuali cina dan korea, misalnya Indonesia ditulis : インドネシア dibaca : indoneshia.

Selain itu, katakana juga dapat digunakan untuk menulis kata yang menjadi penekanan dan ditonjolkan dalam suatu kalimat.

Berikut adalah daftar huruf katakana :

3. Kanji
Huruf kanji ini digunakan untuk menulis kosakata asli bahasa jepang seperti hiragana. Namun meskipun sama-sama digunakan untuk menulis kosakata asli bahasa jepang, kanji ini berbeda dengan hiragana karena, hiragana satu hurufnya hanya mewakili satu bunyi, sedangkan kanji ini satu hurufnya sudah mewakili satu arti/makna, misalnya satu huruf Kanji yaitu 私 dibaca : watashi memiliki arti : "Saya", berbeda dengan satu huruf Hiragana あ dibaca: "A" yang tidak memiliki arti apapun.

Jumlah huruf kanji jepang ini ada puluhan ribu, jadi saya gak bisa kasih daftarnya di artikel ini seperti huruf hiragana dan katakana diatas. Mungkin di lain kesempatan kita akan bahas lebih banyak lagi mengenai kanji jepang ini.

4. Roomaji (Huruf Latin)
Selain ke tiga jenis huruf diatas, dalam bahasa jepang juga mengenal Roomaji yaitu bahasa jepang yang ditulis dengan menggunakan Huruf Latin. Penulisan Roomaji ini mungkin akan dilakukan seperti ketika kita ingin menulis bahasa jepang namun pada komputer atau hp yang kita gunajan tidak memiliki karakter jepangnya.

Oke sampai disini dulu pembahasannya, sampai jumpa di kesempatan berikutnya.

Click here for comments 1 komentar:

avatar

Yeay..
bisa nambah pengetahuan tentang huruf-huruf jepang.

Mari budayakan berkomentar !

1. Berkomentarlah dengan baik & sopan
2. Berkomentar sesuai dengan topik
3. Jangan membuat spam
4. Bagi yang memiliki blog atau web bisa gunakan Name/URL

Terima kasih atas komentar Anda
Back to Top